cara reset hp oppo

Cara Mudah Reset Ulang Ponsel Oppo Ke Pengaturan Pabrik

Bila kamu salah satu pengguna hp oppo smartphone, pasti pernah mengalami kendala seperti sistem eror, Lag, atau berat pada saat digunakan. Nah, solusi untuk mengatasinya dapat dengan cara reset hp oppo kembali ke setelan pabrik. Mereset hp oppo akan membuat kinerja nya kembali seperti baru lagi.

Metode ini biasa disebut hard reset karena akan menghapus semua data yang ada di dalam ponsel, kecuali data dari memori eksternal.

Seperti yang diketahui, Ketika ponsel sudah cukup lama digunakan, maka akan banyak sampah atau cache data aplikasi yang menumpuk didalam sistem. Maka dari itu wajib untuk melakukan reset  sesekali dalam waktu tertentu.

Memang bisa saja menggunakan opsi lain tanpa harus mereset hp oppo untuk melakukan pembersihan. Misalnya dengan cara menggunakan aplikasi cleaner. Namun sayangnya tidak semua bisa diatasi dengan metode tersebut, karena cuma mengatasinya untuk sementara saja.

cara reset hp oppo
Gambar Ilustrasi

Cara Mereset HP Oppo Dengan Mudah

Sebelum masuk ke tutorial nya, pastikan kamu telah melakukan backup semua data-data yang ada di dalam hp oppo. Data tersebut bisa meliputi akun, email, kontak, foto dan lain sebagainya. Kamu bisa melakukan backup ke Google drive atau perangkat komputer & laptop.

Nah untuk cara reset kali ini ada 2 metode yang bisa kita gunakan, tetapi tidak usah bingung, karena dengan cara apapun hasilnya akan tetap sama.

Agar proses bisa berjalan dengan aman & lancar, pastikan hp oppo memiliki daya baterai yang cukup. Jangan sampai tiba-tiba hp mati pada saat melakukan reset ulang, karena bisa berakibat fatal seperti bootloop atau mati total.

Nah jangan berlama-lama, simak langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Reset Lewat Menu Pengaturan

  1. Pada Hp oppo, masuk ke menu Setting
  2. Pilih menu Pengaturan Tambahan
  3. Tap pada Cadangkan dan Reset
  4. Pilih bagian Reset Ke Data Pabrik
  5. Lalu Pilih Hapus semua data
  6. Masukan kata sandi atau pola jika diminta lalu tekan hapus data
  7. Selesai, ponsel akan memulai proses restart ulang.

2. Menggunakan Recovery Mode

  1. Langkah pertama, matikan ponsel oppo
  2. Lalu tekan & tahan tombol power dan tombol volume secara bersamaan
  3. Tunggu sampai menyala dan muncul tampilan ColorOS Recovery
  4. Jika sudah muncul tap pada wipe data
  5. Konfirmasi dengan menekan wipe data sekali lagi
  6. Tekan OK pada notif yang muncul
  7. Tunggu proses wiping berlangsung sampai selesai
  8. Selanjutnya kembali ke recovery lalu tekan Reboot & OK.

Setelah menekan OK maka ponsel akan memulai proses reset, jangan lakukan apapun sampai ponsel menyala dengan sendiri nya.

Tips: Untuk melakukan navigasi pada mode recovery, kamu dapat menggunakan tombol volume dan tombol power untuk ok.

Demikianlah panduan cara reset hp oppo yang bisa kami sampaikan, kamu bisa menggunakan cara ini hampir untuk semua tipe, seperti misalnya oppo a3s, a5s, a37, f1s, a12, a54, a15 dan masih banyak yang lainnya. Walaupun cara ini sangat mudah, tetapi tidak bisa dipakai untuk mengatasi lupa password seperti pola dan kata sandi.

Similar Posts